Home

Minggu, 12 Oktober 2014

Kenapa Pilih Akuntansi?








Selayaknya anak kelas 3 SMA pada umumnya, saya dulu juga sempat bingung dengan apa yang akan saya lakukan setelah saya lulus dari SMA. Kerja? Kuliah? Kalau kuliah jurusan apa? Dimana? Terlalu banyak pilihan dan jadi bingung sendiri. Tapi setelah saya berpikir kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan, konsultasi dengan orangtua, serta tidak lupa berdo’a minta petunjuk kepada yang Maha Kuasa, akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan akuntansi.

Lalu kenapa akuntansi? Sebenarnya ada beberapa alasan. Alasan yang pertama adalah karna akuntansi “kelihatan” lebih mudah dibanding jurusan IPS lainnya. Saya berasal dari jurusan IPS sewaktu di SMA, saya sudah mendapat pelajaran akuntansi. Dan menurut saya pelajaran akuntansi itu lebih mudah dibandingkan dengan pelajaran IPS lainnya seperti geografi, sejarah, dan bahkan ekonomi. Loh, memanya berbeda? Ekonomi dan Akuntansi jelas berbeda. Ekonomi lebih banyak teori, sementara akuntansi lebih banyak menghitung. Karna kebetulan saya tipe yang sulit menghafal dan lebih suka menghitung, menurut saya akuntansi adalah pelajaran yang lebih mudah dibanding pelajaran IPS lainnya.

Alasan kedua, adalah karna akuntansi termasuk kedalam salah satu jurusan yang memiliki karir terbaik. Dari jurusan akuntansi ada banyak pilihan peluang pekerjaan. Mulai dari bekerja di bank, bekerja di kementrian keuangan (pajak, bpkp, bea cukai, dll), menjadi akuntan publik, sampai menjadi pembisnis pun akan lebih baik diawali sebagai akuntan. Karna pada dasarnya semua perusahaan membutuhkan akuntan. Jadi untuk yang khawatir mengenai prospek kerja kedepannya, akuntansi adalah salah satu pilihan terbaik. 

Beberapa alasan lain masuk jurusan akuntansi diantaranya, pelajaran akuntansi adalah pelajaran favorit saya, dan belajar akuntansi itu pelajaran menghitung uang. Siapa yang tidak suka menghitung uang?

Bagaimana dengan pelajaran kuliahnya? Don’t worry be happy, karna akuntansi adalah jurusan yang tidak perlu bakat atau keahlian khusus. Semua pelajaran yang akan di pelajari selama kuliah adalah pelajaran yang semua orang dapat pelajari dan kembangkan. Beberapa diantaranya adalah Akuntansi, Matematika Ekonomi, Pengantar Bisnis, dan Komputer dan TI.

Kesimpulannya alasan utama saya memilih jurusan akuntansi adalah karna menurut saya pelajaran akuntansi lebih mudah dan memiliki peluang pekerjaan yang menjanjikan. Serta pelajarannya tidak memerlukan bakat khusus alias bisa di pelajari semua orang.

Pilihan saya akuntansi. Bagaimana dengan pilihan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar